ASUS ROG GX800, Notebook Spek Dewa, Khusus Untuk Para Raja!

ASUS ROG GX800, Notebook Spek Dewa, Khusus Untuk Para Raja!

Mungkin kita tak akan percaya bahwa ada sebuah Notebook yang mempunyai bentu kecil yang memiliki harga selayaknya hampir seharga sebesar mobil, atau motor ninja. Mungkin kalian bertanya-tanya, mungkin juga tidak percaya dengan harganya hanya untuk sebuah Notebook.



Mungkin sebagian dari kalian ada yang berfikir, "untuk apa kita membeli Notebook semahal itu hanya untuk bermain game? mendingan gua ngabangun rumah!. Mungkin yang beli cuman orang kaya dan Raja Arab mungkin dia sudah banyak di gudangnya buat para pembantunya."

Wajar saja, bagi orang-orang berpikiran begitu. Walaupun harga Notebook ini mahal banget wajar saja bagi Notebook premium, wajar saja kalo Notebook ini dibandrol puluhan juta. tapi Notebook ini mempnyai spesifikasi Dewa dan mempunyai teknologi terbaru, hal ini cocok sekali bagi Gamers yang ingin bermain game dengan pengaturan grafis Ultra Setting.

Penyempurnaan Desain, Penyempurnaan Mesin

Secara keseluruhan, Asus ROG GX800 ini memiliki Desain hampir serupa dengan pendahulunya yaitu GX700. Bahkan sepertinya, Asus seolah ingin memberikan identitas wujud yang serupa bagi perangkat-perangkat gaming machine premium buatannya dengan merancang bodi hampir sama persis.



Dilihat sepintas ASUS ROG GX800 hampir memiliki desain yang seruoa dengan ROG G752, untuk mesin  gaming seri high-end. Pasalnya Notebook ini memiliki pendingin/watercooling terpiasah ini memiliki warna metalic grey atau abu-abu mengkilap. Pada bagian tengah, terdapat logo Asus beserta dua garis tegas dengan sudut kemieingan sekitar 70 derajat yang memiliki Led dan menyala seakan melekat dengan kesan gaming kelas dewa.

Meski sebelumnya Notebook ASUS ROG GX800 memiliki desain yang sama dengan para pendahulunya. Namun, tidak demikan dengan bagian dalamnya. Perusahaan yang diketua oleh Jerry Shen ini, benar-benar merombak hampir seluruh material didalamnya dengan teknologi teranyar, termasuk hardware-hardware penting seperti prosesor dan vga.Bisa dibilang suksesor ASUS ROG GX700 tersebut dipersenjatai dengan teknologi terbaru yang paling update hingga sekarang ini.

Kamu bisa lihat sendiri melalui tabel spesifikasi diatas, ASUS ROG GX800 memiliki luas penampang layar (monitor) yang lebih lebar daripada GX700 yakni 18,4 inci.

Kartu grafis yang digunakan bertipe 2 Way SLI GTX 1080. Artinya dua buah vga GTX 1080 yang ditanam di Notebook ini, kemudian peforma dan kinerja dari keduanya digabungkan untuk menghasilkan kekuatan besar nan gahar. GTX 1080 mampu menjalankan game dengan sangat lancar dan bisa berjalan di resolusi 4K tanpa keganggu masalah-masalh yang tidak perlu.

Untuk masalah memory (RAM), tidak diragukan lagi Notebook ASUS GX800 dilengkapi kapasitas RAM yang besar, sekita 64 GB. Hal ini memudahkan kita untuk mengedit video, dan memainkan game dengan sangat lancar.

Tentu saja Graphic Card kelas atas Nvidia telah dibekali fitur VR ready serta teknologi lainnya seperti Nvidia G-sync, Vulkan API, OpenGL, dan lainnya.Fitur tersebut berguna untuk memperhindah dan memaksimalkan efek-efek didalam game agar bisa berjalan mulus ketika dimainkan.

Sementara prosesornya, ASUS GX800 dipersenjatai dengan prosesor generasi terbaru dari intel yakni Kaby Lake  Intel Core i7-7820HK, mempunyai Clock speed dari seri sebelumnya yakni 4,6GHz. Clock yang lebih tinggi tentu berpengaruh besar pada peningkatan frame rate (fps) pada game.

Clock speeed  yang lebih tinggi juga bisa mempercepat waktu rendering 3D/vido editing dan mempercepat berbagai aplikasi yang sangat boros daya seperti game dan beberapa sosial media. Clock speed dapat dittingkatkan melalui tools atau aplikasi khusus yang telah disediakan Asus secara pre-installed pada Notebook tersebut yakni ASUS Gaming Center.

Dalam masalah pendinginan, ASUS telah mendesian ulang teknologi pendinginan pada watercooling di ROG GX800. Pada seri terbarunya ini, ASUS teah membuat aliran watercooling yang terbuat dari radiator yang mampu mengaliri dua buah GPU sekaligus CPU terpasang didalam Notebook tersebut untuk mendingkinkan sistem.Hal itu pula yang mampu CPU mampu di overlocking hingga 4,6GHz dengan aman dalam mode docking mode (Notebook telah terpasang dengan docking watercooling).

Untuk memasukan docking sistem Notebook ini membutuhkan dua buah charger yang totalnya mencapai daya hinggan 660W. Hal ini berbeda dengan ASUS GX700 yang hanya membutuhkan daya setengahnya saja yaitu 330W. Hal ini wajar karena ASUS GX700 hanya memiliki satu buah GPU yakni GTX 980 sementara GX800 memliki dua buah GPU GTX 1080.

Perbedaan selanjutnya, adalah jenis media penyimpanan cepat berbasis SSD yang ditambah menjadi 3 buah. ASUS GX800 menggunakan SSD pabrika Samsung yajni SM951 yang diyakini sebagai SSD tercepat abad ini. SSD tersebut juga memiliki fitur NVme alias Non Volatile Memory Express yang memanfaatkan slot PCIE generasu ke-3 M.2 untuk memaksimalkan kecepatan bandwidthnya.

Kemudian Notebook ini juga dilengkapi dengan wifi antena eksternal wifi kemampuan mengkap sinyalnya jauh lebih baik dibandingkan dengan antena standar.



Beda dengan versi sebelumnya, keyboard dalam Notebook ini juga diperbaharui kini telah menggunakan mekanikal keyboard. Hal ini membuat kenyamanan dalam memainkan game, terutama game fps yang harus cepat mengetik untuk membunuh musuh. Feel saat menekan keyboard tersebut terasa clicku juga sangat halus dan empuk. Toombol WASD diberikan warna agak bold  dengan aksen putih disekelilingnya.

Dalam segi Display juga telah diperbaharui, dengan bentangan layar hingga 18.3 inc.dan telah mendapatkan pembaharuan yang signifikan agar mata para gamer tidak mudah lelah saat memainkan game dalam Notebook dalam jangka waktu yang cukup lama.



Dengan panel beresolusi Ultra HD alais 4K (3840X2160), layar ROG GX800 telah dilengkapi dengan tingkat refresh rate 60Hz. Artinya layar mampu menampilkan sebanyak 60 gambar persetiknya. sedah sepantasnya laptop dengan kartu grafis yang gahar harus diimbangi dengan layar berteknologi mumpuni.

Nvidia G-Sync adalah seuah fitur dari Nvidia yang ditempatkan pada layar dari Nvidia. G-Sync memperhalus gerakan gambar dengan menyesuaikan refresh rate layar dengan refresh rate yang dihasilkan oleh GPU, sehingga gerakan gambar akan lebih mulus dan mampu meminimalisir gerakan patah-patah (screen tearing)yang diakibatkan ketidak cocokan refresh rate antara layar dan GPU.

ASUS GX800 juga dilangkapi fitur IPS (in-plane switching), IPS sangat cocok untuk hal-hal seperti fotografi, desain grafis, konten game 3D, hingga pembuatan film. Layar IPS juga mendukung sudut penglihatan yang lebih besar yakni 178 derajat baik dalam keadaan vertikal maupun horizontal. Didalam display disematkan beberapa teknolgi bernama Spending Display. Berikut daftar teknolgo-teknologi Spending Display.

Normal Mode adalah, mode dimana LCD telah diprogram (setting) secara lebih optimal untuk kenyamanan tampilan visual, penggunaan mod ini cicik untuk bekerja sehari0hari, seperti mengedit dokumen dan mengedit gambar.

Eye Care Mode adalah, mode diaman kecerahan pada cahaya biru dilayar akan direduksi untuk menghindari cidera pada retina mata. Mode ini dirancang untuk keperluan penggunaan Notebook dalam waktu yang cukup lama.

Vivid Mode adalah, mode dimana pengguna akan mendapatkan kontras warna, serta ketajaman gambar yang lebih tinggi dari sebelumnya. Fitur ini berguna untuk memberikan pengalaman visual yang lebih hidup untuk melihat gambar seperti pemandangan didalam film, foto dan lainnya.

Manual Mode adalah, mode dimana pengguna dapat dengan bebas mengatur kecerahan dan tampilan pada layar dengan referensi yang diinginkan.

Docking Watercooling Generasi ke-2, Lebih bertenaga



Secara mendasar konsep ASUS ROG GX800 hampir sama dengan pandahulunya GX700. Konsep ini mulanya adalah, keinginan untuk menciptakan komputer mobile yamg performanya dapat menyamai perangkat PC dekstop. ASUS nampaknya sangat berambisi akan gagasan ini dan mamulai riser untuk menciptakan teknologi imi watercooling sejak 2013.

Dalam segi kegunaan, memang membawa docking sisrem mempunyai bobot yang cukup berat untuk dibawa kemana-mana memang cukup merepotkan. tapi dia adalah teman sejati kita untuk medapatkan performa yang maksimal.

Sementara sebagai workstation atau gaming dekstop, pengguna bis memanfaatkan docking khusus yang berisi cairan (watercooling) yang tersimpan rapi didalam sebuah koper. Perlu diketahui bahwa cara kerja dari watercooling ini masih sama dengan seri GX700. Pendinginbekerja dengan mengalirkan cairan yang berasal dari tangki melalui tabung selang yang didorong oleh pompa menuju kedalam perangkat untuk mendinginkan sistem yang sedang bekerja.

Hanya saja cooling ASUS GX800 bekerja lebih berat karena harus mendinginkan dua buah GPU serta 1 CPU untuk menstabilkan sistem yang berjalan. Pendingin tersebut juga memiliki diameter 20% lebih besar dari pada versi sebelumnya yang secara otomatis menampung coolant (cairan pendingin) lebih banyak. Bobotnya sendiri mencapau 4,7kg.

Kelengkapan Port Input Output
ASUS GX800 ini, memiliki port HDMI 2,0 untuk memfasilitasi monitor 4K dengan tingkat refresh rate 60Hz. Adapula display port 1.3 yang mendukung 8K monitor (60Hz) atau dual 4K monitor 60Hz.



Ada dua buah USB 3.1 Type C yang telah mendukung Thunderbolt 3.0, 3 buah USB 3.0 Type A, Headpone jack, mic jack, Wifi Antena eksternal serta 2-1 card reader. Tidak lupa juga LAN dan kensington lock.

Sementara bicara soal pendinginan, Notebook ini punya exhaust yang terletak di belakang Notebook untuk mengeluarkan padas. Sementara dua buah ventilasi yang terletak di kanan dan kiri perangkat berguna untuk menyaring udara yang masuk.

Dual Array Microphone
 Untuk mendukung multiplayer gaming seperti LAN Party yang membutuhkan real time video chat yang saat ini sedang tren, ASUS juga memberikan fitur dual array microphones yang dapat menangkao suara dengan sangat jernih tanpa terganggu suara lingkungan yang berisik di suatu tempat atau ketika kamu sedamg mengikuti kompetisi gaming outdoor.



Selain dual microphone, ada fitur teknologi Noise Supression yang dimiliki ASUS. Teknologi ini berfungsi untuk menyaring polusi udara yang dihasilkan oleh papan ketik, suara kipas Notebook hingga audio yang dikeluarkan game itu sendiri. Sehingga lawan dapat mendengar suara Anda dengan jelas tanpa terganggu suara lain yang tidak diinginkan.

SUS GameFirst III


Selain performa Notebook tinggi untuk medukung gaming experience pengguna, ASUS juga memberika fitur ASUS GameFirst III yang akan mengoptimalkan koneksi internet untuk kebutuhan gaming dibanding dengan kebutuhan gaming. Sehingga kita tidak perlu takut untuk menjankan aplikasi lain di back ground, atau sambil mendownload file dari internet akan diutamakan untuk kebutuhan bermain game.

Hasil Benchmark ASUS ROG GX800

Standar Mode






Optimize Mode





Extreme Mode






Tag : PC
0 Komentar untuk "ASUS ROG GX800, Notebook Spek Dewa, Khusus Untuk Para Raja!"

Back To Top