Penjualan Tahun Pertama Nintendo Switch di Jepang Kalahkan PS2


Sebuah konsol legendaris yang melahirkan begitu banyak judul game klasik yang fantastis, terlepas apakah mereka masih eksis ataupun tidak saat ini. Namun bagi mereka yang sempat menikmati masa keemasannya di awal, perpindahan generasi dari angka “1” ke “2” di kala itu memang membuka mata soal potensi sebuah platform gaming, terutama dari sisi visual. Playstation 2 semasa hidupnya, menawarkan begitu banyak memori dan game keren tak tergantikan bagi ratusan juta gamer di seluruh dunia. Namun siapa yang menyangka, bahwa prestasi fantastisnya di pasar Jepang ternyata tidak cukup untuk bertahan dari hype yang dibangun oleh platform terbaru Nintendo – Nintendo Switch. Membandingkan satu tahun rilis untuk keduanya, Switch ternyata unggul.

Dengan akhir tahun yang sudah mendekat dan proses akumulasi untuk penjualan konsol setiap bulan dari data Media Crates yang sudah bisa dilakukan, tahun 2017 memang jadi tahun “manis” untuk Nintendo, terutama di pasar Jepang. Setelah mencapai banyak prestasi yang fantastis, data juga memperlihatkan bahwa penjualan Switch di tahun pertama berhasil menundukkan penjualan dalam periode waktu yang sama untuk konsol super populer masa lampau – Playstation 2. Mengapa membandingkannya dengan Playstation 2? Karena konsol legendaris Sony tersebut masih memegang predikat sebagai konsol terlaris di tahun pertama rilis untuk pasar Jepang sejauh ini. Tentu saja, sebelum ia ditundukkan oleh Switch.

Penjualan tahun pertama NIntendo Switch berhasil mengalahkan Playstation 2 – konsol tahun pertama terlaris untuk pasar Jepang.
Nintendo Switch dipercaya sudah terjual sekitar 3,2 juta unit di tahun pertama rilis (dari bulan pertama rilis – akhir tahun 2017), sementara Playstation 2 dulu “hanya” terjual di angka 3,016 juta unit saja. Performa penjualan yang pantas untuk diacungi jempol ini dipercaya terjadi karena Nintendo berhasil memastikan stock Switch tersedia untuk memenuhi permintaan libur akhir tahun yang melonjak. Bahkan beberapa situs retailer besar seperti Amazon Jepang sekalipun, kini punya stock yang cukup untuk memfasilitasi hal tersebut.

Dengan tahun 2017 yang solid berkat dukungan game eksklusif yang menggoda, Nintendo memang mengembangkan rasa optimisme yang kuat akan performa Switch di tahun-tahun berikutnya. Apakah Switch akan tampil sama memukaunya di tahun 2018 mendatang? Kita tunggu saja.
0 Komentar untuk "Penjualan Tahun Pertama Nintendo Switch di Jepang Kalahkan PS2"

Back To Top